Tingkatkan Pemahaman Diri Remaja, OSIS MA Madania Bantul Menyelenggarakan Seminar Kesehatan Mental Remaja - Madrasah Aliyah Madania Bantul

Tingkatkan Pemahaman Diri Remaja, OSIS MA Madania Bantul Menyelenggarakan Seminar Kesehatan Mental Remaja


Bantul (MA Madania)- Senin (24/01/23), Osis MA Madania mengadakan seminar kesehatan mental remaja. Kegiatan positif ini menggandeng para siswa MA Madania supaya meningkatkan pemahaman tentang self-awareness. Seminar ini diisi oleh Konselor Muda Klinik Konseling Islam, UIN Sunan Kalijaga, Teguh Prasetyo Nursahid

Pentingnya pemahaman mental remaja diungkap langsung oleh kepala madrasah dalam sambutan singkatnya, "Kesehatan mental itu penting. Jika sudah terlanjur buruk, maka fatal akibatnya. Karena berhubungan dengan emosi."

Seminar dengan tema "Resep Anti Galau ala STOA" ini dibawakan dengan santai dan seru oleh Teguh sehingga para siswa antusias mengikuti seminar ini.

"Sakit hati beda dengan sakit fisik. Sakit fisik ketika sembuh hilang.Tapi kalo sakit hati beda, makanya perlu self organize," ujar Teguh.

Berdasarkan riset dari Teguh, kebanyakan remaja sering mengalami overthinking dan insecure. Hal tersebut dapat mengarahkan remaja pada gangguan mental seperti gangguan emosi, anxiexty disorder, depresi, bipolar, dan narsistik.

"Pahami dikotomi kendali. Mana yang ada dalam kendali kita. Mana yang tidak. Kendalikan apa yang bisa kita kendalikan," tegas Teguh kepada para siswa. Penjelasan tentang dikotomi kendali dikupas dengan kalimat sederhana sehingga siswa mudah memahami tentang dikotomi kendali.

Jargon "Sehat Mentalku, Bahagia Selalu" menggema di ruang acara sebagai penutup dalam seminar ini.

Tingkatkan Pemahaman Diri Remaja, OSIS MA Madania Bantul Menyelenggarakan Seminar Kesehatan Mental Remaja Reviewed by madania on Februari 07, 2023 Rating: 5 Bantul (MA Madania)- Senin (24/01/23), Osis MA Madania mengadakan seminar kesehatan mental remaja. Kegiatan positif ini menggandeng para ...
Kembali Ke Beranda