Siswi MA Madania Memanfaatkan Beton Nangka Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Es Krim - Madrasah Aliyah Madania Bantul

Siswi MA Madania Memanfaatkan Beton Nangka Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Es Krim


Bantul (MA Madania Bantul) - Nangka merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di wilayah sekitar . Buah ini memiliki tekstur yang sedikit berduri dan berwarna hijau kekuningan. Buah nangka mempunyai biji atau sering kita kenal dengan beton mempunyai banyak kandungan didalamnya yaitu mengandung thiamin dan riboflavin yang kaya di dalamnya. Terdapat juga beragam mineral seperti zinc, zat besi, kalsium, tembaga, potassium, dan magnesium. Sayangnya, beton nangka ini banyak dibuang sia-sia oleh masyarakat sekitar dan dapat memperbanyak limbah . Oleh karena itu, dalam rangka mengurangi limbah-limbah tersebut, siswi Madrasah Aliyah Madania Bantul khususnya ekstrakurikuler Karya Tulis Remaja berinisiatif untuk memanfaatkan beton nangka sebagai bahan dasar pembuatan es krim. Eksperimen ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas siswi agar dapat memanfaatkan limbah yang sudah terbuang menjadi sesuatu yang berguna.

Dalam bimbingan Ibu Malinda Kusumawati S.Pd, Siswi MA Madania khususnya ekstrakurikuler Karya Tulis Remaja (Reva dan Syifa) dapat memanfaatkan beton nangka menjadi suatu makanan populer di kalangan anak-anak. Eksperimen ini berlangsung pada sabtu (17/09) diawali dengan beton nangka yang direbus lalu dikupas dan dihaluskan. Setelah itu beton nangka dipisah menjadi dua bagian agar dicampurkan dengan bunga kecombrang dan bunga telang yang sudah direbus lalu diambil airnya. Setelah itu dicampurkan lagi dengan adonan bahan pembuatan es krim (Bubuk es krim, vanili, kuning telur, tepung maizena, susu, gula pasir) yang sudah diolah dengan cara direbus dan dicampurkan, kemudian langkah selanjutnya adalah, adonan es krim didinginkan dalam freezer.

Siswi MA Madania Memanfaatkan Beton Nangka Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Es Krim Reviewed by Admin Madrasah Aliyah Madania Bantul on September 26, 2022 Rating: 5 Bantul (MA Madania Bantul) - Nangka merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di wilayah sekitar . Buah ini memiliki tekst...
Kembali Ke Beranda